Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Pentingnya kualitas pendidikan di sekolah dilihat dengan kualitas kinerja para pendidik, khususnya Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah melalui platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap kinerja pedagogik dan sosial guru di SMAN 13 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto dimana penelitian jenis ini meneliti hubungan sebab akibat tanpa adanya perlakuan yang diberikan oleh peneliti. Hasil analisis menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah dan PMM berpengaruh signifikan terhadap kinerja pedagogi guru, dengan nilai Adjusted R² sebesar 78,84%. Uji F dan uji t mendukung hipotesis tersebut dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Namun untuk kinerja sosial guru, hanya supervisi kepala sekolah yang memberikan pengaruh signifikan, sedangkan PMM dan kinerja pedagogik tidak menunjukkan pengaruh signifikan, dengan nilai Adjusted R² sebesar 75%. Hasil tersebut menunjukkan pentingnya peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pedagogik dan sosial guru, sedangkan peran PMM lebih terbatas pada kinerja pedagogik saja.
Copyrights © 2024