EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Pengaruh Pendidikan Vokasional terhadap Kesiapan Kerja Lulusan SMK

Wardoyo, Siswo (Unknown)
Damayanti, Jahra (Unknown)
Melkior, Gregorius Diera Arnandi (Unknown)
Muslim, Aldi Bragi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Tingkat pengangguran terbuka yang tinggi di kalangan lulusan SMK menunjukkan bahwa pendidikan kejuruan belum sepenuhnya efektif dalam mempersiapkan lulusan untuk memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pendidikan vokasional terhadap kesiapan kerja lulusan SMK melalui pendekatan studi literatur. Metode penelitian melibatkan penggunaan perangkat lunak Publish or Perish dengan kata kunci tertentu untuk menyaring 10 jurnal nasional terindeks SINTA yang diterbitkan antara 2015–2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh jurnal menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen angket sebagai metode pengumpulan data, dan 80% di antaranya menerapkan desain penelitian deskriptif. Mayoritas subjek penelitian adalah siswa kelas XII, yang berada pada tahap akhir pendidikan dan fase penting untuk persiapan dunia kerja. Pendidikan kejuruan melalui SMK terbukti berkontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan teknis (hard skills) dan nonteknis (soft skills). Namun, kurangnya pelatihan dan sertifikasi kompetensi masih menjadi kendala utama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan vokasional memiliki dampak positif terhadap kesiapan kerja lulusan, namun penguatan strategi tambahan tetap diperlukan untuk meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...