Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan terbatasnya materi yang ada dimuat pada buku pegangan siswa menyebabkan peserta didik kurang memahami materi dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Dari permasalahan peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif yang mampu membantu peserta didik untuk memahami materi lebih lanjut dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, efektifitas, kepraktisan, respon peserta didik serta hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran interaktif. Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis penelitian yakni Research and Development (R&D) serta model penelitian 4D. Hasil validasi penelitian ini memperoleh simpulan sangat layak dengan rata-rata sebesar 85%. Peserta didik menghasilkan respon positif dengan hasil 95% dan memicu terjadinya peningkatan hasil belajar dengan rata-rata Gain Score 0,6 dengan ketuntasan klasikal posttest 85%. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini dapat mempermudah pemahaman peserta didik melalui media yang layak dengan respons positif dan mampu meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2024