EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Penerapan Teori Kognitif pada Siswa SMP dalam Menghadapi Assesment Bakat Minat

Wulandari, Tri (Unknown)
Hartini, Hartini (Unknown)
Azwar, Beni (Unknown)
Sumarto, Sumarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Pada era yang penuh dengan tantangan dan persaingan seperti saat ini, penting bagi individu untuk mengenali bakat dan minatnya sejak dini. Penelitian ini bertujuan meneliti bagaimana Guru BK di SMP Muhammadiyah 1 Kota Lubuklinggau menggunakan teori kognitif untuk membantu siswa dalam asesmen bakat minat mereka. Penelitian melibatkan guru bimbingan dan konseling berpengalaman yang menerapkan prinsip-prinsip teori kognitif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mendapatkan wawasan komprehensif. Temuan menunjukkan bahwa penerapan teori kognitif oleh guru bimbingan dan konseling membantu siswa memahami kemampuan dan minat mereka, memfasilitasi keputusan pendidikan dan karir yang lebih baik. Proses penilaian meningkatkan kesadaran diri siswa, motivasi, dan kinerja akademik dengan menyelaraskan pengalaman belajar mereka dengan minat dan kekuatan pribadi. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya sesi konseling yang dipersonalisasi dalam mengatasi kebutuhan individu dan mempromosikan lingkungan belajar positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menjalani penilaian merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan masa depan. Penelitian menyimpulkan bahwa mengintegrasikan teori kognitif ke dalam asesmen bakat dan minat sangat bermanfaat bagi siswa sekolah menengah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...