Pembelajaran matematika seringkali dianggap sulit oleh siswa, terutama dalam geometri yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran matematika yang menggunakan GeoGebra 3D AR dan etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai bangun ruang dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk mengembangkan dan menilai modul ajar yang dirancang untuk siswa dan guru. Modul ajar yang dikembangkan menunjukkan hasil validasi yang sangat baik dengan skor rata-rata 82%, yang menunjukkan bahwa materi yang disusun dengan GeoGebra 3D AR dan konteks budaya Monumen Jogja Kembali efektif dalam memvisualisasikan bangun ruang. Aktivitas ini berhasil membantu siswa dalam memahami konsep geometri secara lebih konkret dan menarik. Penilaian dari teman sejawat juga mengkonfirmasi keefektifan dan inovasi dalam aktivitas pembelajaran ini. Pengembangan modul ajar dengan GeoGebra 3D AR dan etnomatematika terbukti sangat layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa dalam materi bangun ruang
Copyrights © 2024