Penelitian ini mengevaluasi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep Barisan dan Deret setelah diterapkan pendekatan RME berbasis multimedia interaktif. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design dalam pendekatan kuantitatif dan analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney, yang bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan RME berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika pada materi barisan dan deret. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Keberhasilan penelitian diukur dari dua aspek utama. Pertama, keberhasilan dinilai melalui peningkatan skor pemahaman konsep matematika siswa. Kedua, respon positif dari siswa yang diperoleh melalui angket. Hasil analisis menunjukkan rata-rata gain score pada kelas eksperimen sebesar 3,333 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 2,111. Hasil uji Mann-Whitney U memperlihatkan bahwa nilai p-value = 0.005132, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05, sehingga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan pemahaman siswa kelas eksperimen dan kelas control. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap multimedia interaktif yang lebih membantu mereka memahami materi, menarik perhatian, dan meningkatkan partisipasi belajar.
Copyrights © 2024