Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kinerja guru yang tampak dari kemampuan dan profesionalisme mereka dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengeksplorasi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan survey deskriptif. Populasi penelitian mencakup seluruh guru di Madrasah Aliyah Abi Ummi Palembang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Uji parsial memperlihatkan bahwa kedua variabel ini, yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi, secara individu mempengaruhi kinerja guru. Sementara itu, uji-F mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut secara bersamaan berpengaruh terhadap kinerja guru. Kesimpulannya, peningkatan dalam kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru berpotensi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Abi Ummi Palembang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi peningkatan kinerja guru melalui peningkatan kualitas kepemimpinan dan motivasi.
Copyrights © 2024