EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah

Sulisna, Sulisna (Unknown)
Wardiah, Dessy (Unknown)
Suherman, Suherman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kinerja guru yang tampak dari kemampuan dan profesionalisme mereka dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengeksplorasi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan survey deskriptif. Populasi penelitian mencakup seluruh guru di Madrasah Aliyah Abi Ummi Palembang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Uji parsial memperlihatkan bahwa kedua variabel ini, yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi, secara individu mempengaruhi kinerja guru. Sementara itu, uji-F mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut secara bersamaan berpengaruh terhadap kinerja guru. Kesimpulannya, peningkatan dalam kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi guru berpotensi untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Abi Ummi Palembang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi peningkatan kinerja guru melalui peningkatan kualitas kepemimpinan dan motivasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...