Masalah yang diteliti yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan karakter kesadaran lingkungan siswa dengan menggunakan model Project Based Learning dan Course Revew Horay berbasis STEM. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipergunakan pada penelitian ini yang mencakup dua siklus. Masing-masing dari siklus ini mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan karakter kesadaran lingkungan adalah objek penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi. Penelitian ini didapatkan hasil yaitu adanya peningkatan aktivitas guru mencapai nilai 87,4 atau berkategori “sangat baik”, aktivitas siswa terlaksana hingga persentase 85,5% dengan kategori “hampir seluruhnya aktif”, hasil belajar kognitif siswa terlaksana hingga persentase 88% dan telah mencapai ketuntasan klasikal, hasil belajar afektif (karakter kesadaran lingkungan) terlaksana hingga persentase 86% dengan kategori “hampir seluruhnya membudaya” dan hasil belajar psikomotorik terlaksana hingga persentase 81,5% dengan kriteria “ hampir seluruhnya baik”. Oleh karena itu, bisa didapatkan kesimpulan yaitu model Project Based Learning dan Course Review Horay berbasis STEM dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan karakter kesadaran lingkungan siswa.
Copyrights © 2024