EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Catur PPKn Kelas VII SMP

Hanah, Nasihatul (Unknown)
Dotrimensi, Dotrimensi (Unknown)
Mustika, Maryam (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Secara umum tujuan penggunaan media pembelajaran adalah untuk membantu menyampaikan informasi berupa materi dari guru kepada siswa, agar mudah dimengerti, menarik, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran permainan catur pada materi kerja sama dan gotong royong kelas VII SMP Negeri 16 Palangka Raya.  Pelaksanaan penelitian menggunakan metode research and development (R & D) model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Development (Pengembangan). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran catur terdiri dari tahap define (Pendefinisian dilakukan melalui analisis karakteristik peserta didik dan analisis materi. Tahap design (Perancangan) yakni merancang media menggunakan format 2 dimensi, ukuran 1,5, jenis huruf font Open Sans ukuran 11 dan format ITC Motter Corpus, penyusunan 50 soal terkait materi kerja sama, membuat langkah-langkah permainan catur yang meliputi persiapan, pembagian kelompok, pelaksanaan permainan. Tahap develop (Pengembangan) dilakukan melalui pencetakan design untuk dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Adapun hasil validasi ahli media memperoleh persentase rata-rata skor 89,70%, hasil validasi ahli materi memperoleh presentase rata-rata 98%. Sehingga diperoleh Kesimpulan bahwa permainan catur sangat layak digunakan untuk pelajaran PPKn materi kerja sama dan gotong royong.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...