Hakikat belajar yang sesungguhnya adalah belajar secara mandiri, yang berarti memberi kebebasan untuk mencari, menemukan, dan memecahkan masalah sehingga dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan mengubah sikap ataupun perilaku. Tujuanya untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa Angkatan 2023 fakultas kedokteran universitas malahayati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah 175 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 130 mahasiswa yang sudah dipilih melalui metode total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner MSLQ da SDLRS, dan analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil menunjukkan motivasi yang paling banyak dimiliki oleh responden yaitu motivasi tinggi (91,5%) dan tingkat kesiapan belajar mandiri tinggi (80,0%), dan hasil uji statistic menunjukkan bahwa nilai p = 0,027 atau < 0,05. Kesimpulan terdapat hubungan antara motivasi terhadap kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024