Jurnal Audience
Vol. 7 No. 2 (2024): AGUSTUS 2024

Komunikasi Pemasaran Word of Mouth Kelompok Belajar Harapan Bunda Kedungwuluh Purwokerto dalam Membangun Kepercayaan Klien

Purwanto, Niken Meinica (Unknown)
Turistiati, Ade Tuti (Unknown)
Perwita, Adinna Islah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Keberadaan Kelompok Belajar (KB) semakin meningkat baik di kota besar maupun kota kecil seperti Purwokerto. Perlu adanya strategi pemasaran yang tepat bagi KB untuk dapat bersaing dengan kompetitor lainnya dalam memikat calon klien. Salah satunya, strategi komunikasi pemasaran word of mouth yang dilakukan oleh Kelompok Belajar Harapan Bunda Kedungwuluh Purwokerto Barat atau yang dikenal dengan sebutan KB Harbund. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan komunikasi pemasaran word of mouth KB Harbund dalam membangun kepercayaan klien dari aspek harmony, acceptance dan participation simplicity. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara snowball sampling, observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini dikaji dengan teori kepercayaan klien dari Manfred Bruhn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth di KB Harbund berasal dari pihak internal dan eksternal KB Harbund. Dari pihak internal yaitu kepala sekolah dan guru-guru KB Harbund dengan KB Harbund menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan anak usia dini dan menawarkan biaya sekolah yang murah, sementara dari pihak eksternal yaitu wali murid dan stakeholder dari KB Harbund dengan menceritakan dan merekomendasikan KB Harbund kepada calon klien. Word of mouth yang dilakukan ini berhasil membangun kepercayaan klien melalui program-program yang ada di KB Harbund, diantaranya  program subsidi silang, program parenting, program outing class, program kesehatan, dan program konsultasi. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran Word of mouth; Teori Kepercayaan Klien Manfred Bruhn; Kelompok Belajar; KB Harbund Purwokerto

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

audience

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Audience, Journal of Communication Studies is a scientific journal published by Dian Nuswantoro University. Audience journal publishes original papers, review papers, conceptual framework, analytical and simulation models, case studies, and empirical research. Audience journal aims to develop and ...