Data menunjukkan bahwa hasil kemampuan numerasi siswa-siswi di Indonesia masih tergolong kurang jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Hasil penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD etnomatematika berbasis PBL terhadap kemampuan numerasi dan self efficacy siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan quasi experiment design, yaitu dua kelompok (eksperimen dan kontrol) dilibatkan dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes kemampuan numerasi dan angket self efficacy. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya nilai rata-rata kemampuan numerasi dan self efficacy kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kemudian hasil dari uji Independent Sample T-Test didapatkan nilai signifikansi t-test kemampuan numerasi dan self efficacy lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan kemampuan numerasi dan self efficacy antara kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya terdapat peningkatan kemampuan numerasi dan self efficacy pada kelas eksperimen dengan diperolehnya indeks N-Gain termasuk pada kategori peningkatan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD etnomatematika berbasis PBL berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan numerasi dan self efficacy siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2024