JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Penggunaan LKPD Etnomatematika Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar

Suciyati, Suciyati (Unknown)
Rosdiana, Rosdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Data menunjukkan bahwa hasil kemampuan numerasi siswa-siswi di Indonesia masih tergolong kurang jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Hasil penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD etnomatematika berbasis PBL terhadap kemampuan numerasi dan self efficacy siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan quasi experiment design, yaitu dua kelompok (eksperimen dan kontrol) dilibatkan dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes kemampuan numerasi dan angket self efficacy. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya nilai rata-rata kemampuan numerasi dan self efficacy kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kemudian hasil dari uji Independent Sample T-Test didapatkan nilai signifikansi t-test kemampuan numerasi dan self efficacy lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan kemampuan numerasi dan self efficacy antara kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya terdapat peningkatan kemampuan numerasi dan self efficacy pada kelas eksperimen dengan diperolehnya indeks N-Gain termasuk pada kategori peningkatan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD etnomatematika berbasis PBL berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan numerasi dan self efficacy siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...