JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Effect Size Penggunaan E-magazine Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa

Chairatul Umamah (Unknown)
Nurul Hasanah (Unknown)
Suprianto, Suprianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektivan penerapan media E-Magazine berbasis inquiry terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar. Desain Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Grup Desain. dengan melibatkan dua kelompok, yakni kelompok kontrol dan eksperimen. kelompok kontrol merupakan kelas yang hanya menggunakan model inkuiri terbimbing saja, sedangkan kelompok eksperimen merupakan kelas yang menggunakan media e-magazine berbasisi inkuiri terbimbing. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes berupa 10 soal pilihan ganda. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mempunyai mean pretest sebesar 27,50 dengan standar deviasi 10, sedangkan kelompok kontrol memiliki mean pretest sebesar 37,50 dengan standar deviasi 16,533. Uji normalitas (Shapiro-Wilk) menegaskan bahwa data pretest dan postest dari kedua kelompok mengikuti distribusi normal (p > 0,05). Uji homogenitas varians Levene menunjukkan bahwa varians data pretest dan posttest terdistribusi secara homogen (p > 0,05) yang mengindikasikan memenuhi asumsi uji statistik parametrik. Uji t sampel independen menunjukkan adanya perbedaan skor postest yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (p = 0,000). Nilai keefektifan penggunaan media pada hasil belajar siswa diperoleh nilai (1.8) dengan kategori cukup tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media e-magazine berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...