JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan PPT Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP

Ratna Dwi Aryani (Unknown)
Baidowi, Baidowi (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)
Nani Kurniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wanasaba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan bentuk Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Wanasaba yang berjumlah 225 siswa, sampel terdiri dari kelas VII G sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal posttest untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa posttest hasil belajar matematika siswa berdistribusi normal dan varian datanya homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berbantuan powerpoint interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa VII SMPN 1 Wanasaba Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...