Proses belajar mengajar merupakan bagian terpenting dalam pendidikan. Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di sekolah untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memahami peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat. Dari hasil pengamatan yang pernah dilakukan, Dari hasil observasi tersebut diketahui bahwa rendahnya hasil belajar Bahasa Arab disebabkan karena beberapa faktor yang mempengaruhi selama proses pembelajaran berlangsung, diantaranya metode pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas model Tgt terhadap peningkatan kompetensi menulis Bahasa Arab siswa kelas XI MAN 2 Kota Kediri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen.Data yang diperoleh berupa angka pretes dan postes yang digunakan sebelum dan sesudah respon menggunakan model TGT .Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu:uji Validitas, uji Reliabilitas , Uji Normalitas (Kolmogorf smirnove), Uji Homogenitas ,dan Uji T . Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa:1) penggunaan TGT dalam meningkatkan penguasaan maharah kitabah sudah dibilang baik. 2) hasil dari uji IBM SPSS versi 27 menunjukkan uji normalitas diperolih sig 0,200 > 0,05 yang berarti data yang diperoleh normal. Hasil post-test menggunakan model TGT lebih tinggi daripada pre-test kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 83,16 dan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,16 . Pada tabel 4.6 nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,005 <0, 05. Karena data hasil uji hipotesis kurang dari 0,05 maka hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini Diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan TGT efektiv dalam peningkatan kompetensi menulis siswa kelas 11 MAN 2 Kota Kediri.
Copyrights © 2024