Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 3 (2024): NOVEMBER

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Proses Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik Kelas V

Abdul Hakim (Unknown)
Muslimin (Unknown)
Athiyyah Mumtaazah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik kelas V yang belum mencapai KKTP. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan proses dan hasil belajar muatan Pendidikan Pancasila peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 89 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan proses belajar muatan Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi kelas V dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian 13 orang yaitu 1 pendidik dan peserta didik yang berjumlah 12 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik muatan Pendidikan Pancasila kelas V UPTD SD Negeri 89 Parepare.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...