JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Vol 22, No 3 (2023): Desember

Analisis Pengaruh Adiksi dan Loyalitas pada Online PC Games untuk Meningkatkan Minat Pembelian di dalam Game Menggunakan Metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling

Aristio, Andre Parvian (Unknown)
Mudjahidin, Mudjahidin (Unknown)
Kautsar, Anugrah Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Dalam industri game yang berkembang pesat, jumlah pemain online PC game meningkat tajam selama pandemi COVID-19. Namun, pembelian dalam game tidak sebanding dengan popularitasnya. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada adiksi dan loyalitas pemain game serta pengaruhnya terhadap pembelian di dalam game. Tujuannya adalah untuk menganalisis variabel adiksi dan loyalitas dalam meningkatkan pembelian item di dalam game. Metode yang digunakan adalah Partial Least-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring melalui berbagai media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adiksi berpengaruh pada loyalitas pengguna dan loyalitas pengguna juga berpengaruh pada niat pembelian. Dengan demikian, pengembang game dapat memprioritaskan pengembangan fitur dalam game yang meningkatkan minat pembelian pengguna. Penelitian ini memberikan nilai tambah yang signifikan bagi perusahaan pengembang game dan dapat digunakan sebagai referensi dalam pengembangan strategi serta penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2023