JURNAL MUTIARA MANAJEMEN
Vol 9 No 2 (2024): Jurnal Mutiara Manajemen

PENGARUH SERVICE EXCELLENT DAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Arifin, Dinar Azizah (Unknown)
Rahmat, Muhammad (Unknown)
Rukmini (Unknown)
Tumanggor, Mutawaqil Bilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah Untuk mencari tahu dan menganalisa dampak service excellent, pengaruh kompetensi pustakawan pada kepuasan pengguna perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Metode penelitian yang dipakai penelitian kuantitatif. populasi dalam penelitian yaitu 1894 orang. sampel pada analisis ini 95 orang. Dari hasil penelitian dan pembahasan, didapat simpulan bahwa service excellent dan kompetensi perpustakawan berpengaruh signifikan pada kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Service excellent dan kompetensi perpustakawan memang dapat memberikan dampak signifikan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Universitas Sumatera Utara (USU). Hal dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yan peneliti lakukan terhadap setiap variabel penelitian, sebagai berikut: Service excellent berdampak dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara, sebagaimana hasil penelitian diketahui nilai t hitung  > t tabel yaitu 4,451 > 1,985 dan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 di tolak. Kompetensi Perpustakawan berdampak dan signifikan pada kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara, sebagaimana hasil penelitian diketahui nilai thitung  > t tabel yaitu 3,507 > 1,985 dan dengan nilai sig 0,001 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 di tolak. Service Excellent dan Kompetensi Perpustakawan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara, sebagaimana hasil penelitian diketahui nilai f hitung  > f tabel yaitu 83,354 > 3,09 dan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 di tolak. Sementara itu, diperoleh nilai R2 senilai 0,644 Dengan demikian menyatakan bahwa service excellent dan kompetensi perpustakawan secara simultan berdampak pada kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara senilai 64,4% dengan sisanya 35,6% yang dipengaruhi oleh aspek-aspek di luar penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Manajemen menghadapi dinamika ekonomi, bisnis, pemerintah, politik, sosial dan budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Sari Mutiara ...