Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Materi Intonasi dan Diksi Melalui Kooperatif Learning Tipe Stad Berbasis Game Tebak Kata di SDN Bluto I

Fajriyah, Fitri Nur (STKIP PGRI Sumenep)
Susanti, Ayudya (STKIP PGRI Sumenep)
Fawaidzah, Icha Zulfiyatul (STKIP PGRI Sumenep)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran merupakan proses kolaborasi yang melibatkan pendidik dan peserta didik untuk memperoleh suatu pengetahuan baik itu dalam rana kognitif, afektif dan psikomotorik. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD adalah suatu rangkaian pembelajaran yang membelajarkan siswa terkait dengan keterampilan dan kemampuan berbahasa dengan tujuan peserta didik bisa meningkatkan pengginaan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan. Materi diksi dan intonasi merupakan materi yang sering dierapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan desain penelitian eksperimen dan observasi mengenai penggunaan metode kooperatif tipe STAD menggunakan game tebak kata. Selain itu penulis juga mengadakan game pada proses pembelajaran untuk merangsang keterampilan berbicara dan mempresentasikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis game dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep diksi dan intonasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...