Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Makna Filosofis Hantaran pada Tradisi Ganjuran sebagai Bentuk Eksplorasi Budaya Jawa dalam Pembelajaran BIPA

Maratussholihah, Zuhrotul (Universitas Negeri Surabaya)
Suyatno, Suyatno (Universitas Negeri Surabaya)
Mulyono, Mulyono (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna filosofis hantaran dalam tradisi ganjuran dan pemanfaatnnya sebagai bentuk eksplorasi budaya pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pembelajaran BIPA dapat dijadikan sebagai wadah untuk memperkenalkan dan meningkatkan eksistensi bahasa serta keberagaman kebudayaan bangsa Indonesia di kancah Internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan warga masyarakat Lamongan yang masih melestarikan tradisi ganjuran dan paham terkait makna yang terkandung dalam hantaran yang disajikan dalam tradisi ganjuran. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat klasifikasi makna dalam hantaran pada tradisi ganjuran, yaitu makna berdasasrkan tekstur, penamaan, karakteristik, dan bahan pembuatannya. Macam-macam hantaran dan makna hantaran tersebut dalam tradisi ganjuran di kabupaten Lamongan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar untuk memperkaya kosa kata pemelajar, mengembangkan pemahaman gagasan pada suatu teks atau tuturan dan yang paling utama yaitu sebagai bentuk pengenalan atau eksplorarasi budaya Indonesia melalui bidang kuliner pada kegiatan pembelajaran BIPA.Kata Kunci: Tradisi Ganjuran, Hantaran, BIPA, Budaya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...