Penggunaan gadget yang tidak tepat pada anak-anak di Indonesia berpotensi menurunkan budaya literasi, mengingat rendahnya peringkat literasi negara ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengembangkan aplikasi mobile interaktif untuk anak-anak di TK Baitul Hikmah, Bandung. Aplikasi ini menawarkan buku cerita bilingual dengan fitur suara yang dirancang untuk meningkatkan minat baca anak usia dini. Dengan menggunakan teknologi Unity, aplikasi ini menyediakan cerita dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) lengkap dengan gambar menarik dan fitur audio yang mendukung pengembangan keterampilan membaca dan mendengar. Aplikasi ini juga dapat diakses secara offline, memudahkan penggunaannya dalam berbagai kondisi. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran dapat efektif dalam meningkatkan minat baca dan kualitas pendidikan anak-anak di Indonesia. Inappropriate use of gadgets among children in Indonesia poses a risk to literacy culture, given the country's low literacy ranking. To address this issue, this study develops an interactive mobile application for children at TK Baitul Hikmah, Bandung. The application features bilingual storybooks with audio features designed to enhance early childhood reading interest. Utilizing Unity technology, the app offers stories in both Indonesian and English, complete with engaging visuals and audio support for developing reading and listening skills. The application is also available offline, facilitating its use under various conditions. Black box testing results indicate that the application functions as expected. This research demonstrates that integrating technology into education can effectively improve reading interest and educational quality for children in Indonesia.
Copyrights © 2024