Perkembangan teknologi terus memberikan pengaruh signifikan dalam berbagai aspek, termasuk kegiatan pembelajaran. Pembelajaran akuntansi perlu mengadopsi teknologi agar tetap relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan zaman. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru akuntansi dalam menggunakan aplikasi Accurate sebagai bagian dari proses pembelajaran berbasis teknologi. Pelatihan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kejobong ini menggunakan metode ceramah dan Problem-Based Learning (PBL) untuk memberikan pemahaman konseptual dan pengalaman praktis kepada 26 peserta. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi dua sesi utama, yaitu Standar Akurat dan Mahir Akurat, yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan peserta dengan berbagai tingkat pemahaman. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan peserta mengoperasikan aplikasi ini, khususnya dalam pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan. Sebagian besar peserta mengungkapkan kepuasan tinggi terhadap materi pelatihan yang relevan dan metode yang interaktif. Pelatihan ini juga memberikan dampak positif terhadap kesiapan peserta dalam mengintegrasikan teknologi Accurate ke dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing. Temuan ini menunjukkan pentingnya penguatan kompetensi guru untuk mendukung inovasi dalam pembelajaran berbasis teknologi.
Copyrights © 2024