Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan perangkat ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi bumi dan tata surya, pada topik rotasi bumi, gerhana dan fase bulan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Perangkat ajar yang dideskripsikan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar uji keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei yang dilakukan oleh tiga validator ahli, yaitu dua dosen dan sati guru IPA SMP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Hasil validasi yang didapatkan berupa skor dan saran untuk perbaikan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validasi ahli menggunakan modus. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar uji keterampilan berpikir kritis menunjukkan hasil yang sama yaitu modus sebesar 4 sehingga termasuk dalam kategori valid. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat ajar dikatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan dilakukan revisi berdasarakan saran yang telah diberikan validator. Kesimpulan penelitian ini adalah perangkat ajar berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan layak dari aspek validitas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi bumi dan tata surya khususnya pada topik rotasi, gerhana dan fase bulan.
Copyrights © 2024