Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 4 No 2 (2024): Al-Muarrib: Journal Of Arabic Education

Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas 3 Putra SDIT Al-Madinah Pontianak

Prabowo, Joedy (Unknown)
Atmaja, Dwi Surya (Unknown)
Arifudin, Arifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Drill terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas 3 SDIT Al-Madinah Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan aplikasi pengolahan data SPSS Versi 26. Populasinya adalah siswa laki-laki sebanyak 30 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 52 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,7. Berdasarkan analisis uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 26 diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan α 5% 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan metode Drill terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas 3 SDIT Al-Madinah Pontianak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AL-MUARRIB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Mu’arrib: Journal of Arabic Education is a multilingual (bahasa, arabic, english), peer-reviewed and specialized in arabic education and arabic studies. It’s published twice in a year since 2020 by Arabic Education Department, Faculty of Education, Syaikh Abdurrahman Siddik Islamic State ...