Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi fungsional. Sampel penelitian terdiri dari 77 siswa kelas lima dari Sekolah Dasar Kedung Jaya 2, yang dipilih melalui non-probability sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang penggunaan gadget dan perkembangan bahasa anak-anak, dengan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan terhadap data. Hasilnya mengungkapkan hubungan positif yang signifikan antara variabel yang diteliti; namun, kontribusi penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa secara keseluruhan relatif kecil. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun ada pengaruh yang terukur dari penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa, sebagian besar variasi dalam keterampilan berbahasa kemungkinan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diperiksa dalam penelitian ini. Sebagai kesimpulan, meskipun dapat diidentifikasi, dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa terbatas dibandingkan dengan variabel lain yang tidak dibahas di sini.
Copyrights © 2024