JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES
Vol 13, No 2 (2024)

Metode Pendidikan Anak Usia Dini: Analisis Hadits Tarbawi Tentang Perumpamaan Pohon Kurma dan Orang Beriman

Husniah, Lu'Lu' (Unknown)
Nur, Tya Shofarina M. (Unknown)
Khairunnisa, Khairunnisa (Unknown)
Jalal, M. Rifky Faisal (Unknown)
Firmansyah, Mokh. Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengungkap metode pendidikan anak usia dini apa saja yang terkandung dan tersirat dalam hadits Bukhari No. 5444 . Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan library research digunakan untuk mendapatkan data penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan metode analisis descriptiv-analysist dan metode takhrij hadits digunakan untuk menganalisis kualitas dari hadits ini. Sumber utama dalam penelitian ini menggunakan maktabah syāmilah, jawāmi’ al-kalīm, mu’jam al-mufahras, tahżīb al-taḥzīb, taqrīb al-taḥżīb, taḥzīb al-kamāl, syi’ār ‘ālam al-nubalā, syarḥ shahīh bukhari, dan fathul bāri. Adapun sumber sekunder dalam penelitian ini adalah artikel, jurnal, dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat dua metode pendidikan anak usia dini yang terkandung dalam hadits Bukhari No. 5444 tentang perumpamaan pohon kurma dan mukmin, yaitu (1) metode pendidikan dengan menggunakan perumpamaan (amṡāl) dan (2) metode pendidikan dengan menggunakan kuis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal-of-quran-and-hadith

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Journal of Qur'an and Hadith Studies (ISSN 2089-3434; E-ISSN 2252-7060) is a journal published by Qur'an and Hadith Academic Society, in cooperation with Graduate School Syarif Hidayatullah State Islamic University of Jakarta. The journal is published twice annually (June and December) and consists ...