Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Vol 8, No 2 (2024): JURNAL LITERASI OKTOBER 2024

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF KELAS IX B SMP NEGERI 2 CIAMIS TAHUN AJARAN 2024/2025

Fadila, Sonia Nurul (Unknown)
Srihartatik, Atik (Unknown)
Adelia, Anisa (Unknown)
Hidayat, Taufik (Unknown)
Fathiya, Aida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks pidato persuasif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas IX B SMP Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks pidato persuasif, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti model pembelajaran yang kurang interaktif dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas IX B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa meliputi pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan guru mengawali pembelajaran menggunakan ice breaking untuk membangkitkan motivasi dan merangsang konsentrasi siswa. Kegiatan inti siswa melakukan permainan dengan berkelompok dalam pembelajaran teks pidato persuasif. Kegiatan penutup melibatkan siswa melakukan evaluasi dari hasil proses belajarnya dan refleksi bersama. 2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pidato persuasif. Hal ini terlihat dari peningkatan motivasi, antusias, dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran serta hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pembelajaran teks pidato persuasif setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.Kata kunci: motivasi dan hasil belajar siswa, teks pidato persuasif, model pembelajaran kooperatif tipe TGT

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya telah terindek Sinta 5 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RistekDikti) Republik Indonesia sebagai pencapaian untuk jurnal yang memiliki kualitas dalam manajemen dan publikasi. Selanjutnya, Literasi : Jurnal ...