Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa semua organisasi baik organisasi publik maupun organisasi swasta memahami pentingnya mutu. Hal ini dapat dilihat dalam mencari sumber daya manusia (SDM) yang baik guna mendukung visi dan misi organisasi tersebut. Dalam suatu lembaga pendidikan pasti menginginkan sumber daya yang berkualitas agar dapat menghasilkan lulusan yang unggul. Dalam dunia pendidikan konsep mutu berkaitan dengan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen pelatihan dan pengembangan serta pribadi tenaga pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi manajemen yang diterapkan oleh Sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik telah direncanakan secara terprogram, yang mengacu pada visi, misi, dasar pendirian dan tujuan lembaga. Terprogram dengan melalui tahapan-tahapan manajemen yang dilakukan melalui perencanaan, proses, hasil, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Begitu juga yang terjadi pada program peningkatan kepribadian guru. Jadi tidak hanya pemaksimalan pada keberhasilan anak didik akan tetapi juga pemaksimalan atas peningkatan kompetensi keilmuan dan pribadi para guru.
Copyrights © 2024