Abstrak: Ruangguru sebagai perusahaan edutech yang eksis sejak awal pandemi Covid-19 telah memberikan dukungan bagi pembelajaran online termasuk dalam pelajaran sejarah. Bagaimanapun juga, studi mengenai pola penggunaannya seperti fitur yang umumnya digunakan dan motivasi penggunaannya belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola siswa SMA di Kota Bandung sebagai pengguna aplikasi Ruangguru. Metode survey dengan pendekatan kuantitatif digunakan dengan melibatkan 94 responden yang mengisi kuesioner online melalui google form. Dari studi tersebut dapat disimpulkan (1) terdapat tiga fitur yang paling diminati oleh siswa dari layanan pendidikan maya ini yaitu ruangguru private, bank soal dan roboguru. (2) Mayoritas pengguna aplikasi Ruangguru adalah kelas XII yang mana hal ini disebabkan oleh tersedia paket bundling untuk SBMPTN dan SNMPTN. (3) Terdapat kelebihan dan kekurangan dari setiap fitur yang disediakan.Abstract: Ruangguru as an edutech company that has existed since the beginning of the Covid-19 pandemic has provided support for online learning, including in history lessons. However, studies regarding usage patterns such as features commonly used and motivations for use have not been extensively studied. This study aims to explore the pattern of high school students in the city of Bandung as users of the Ruangguru application. A survey method with a quantitative approach was used involving 94 respondents who filled out an online questionnaire via the Google form. From this study it can be concluded (1) there are three features that students are most interested in from this virtual education service, namely Ruangguru Private, question bank and roboguru. (2) The majority of Ruangguru application users are class XII, which is due to the availability of bundling packages for SBMPTN and SNMPTN. (3) There are advantages and disadvantages of each feature provided.
Copyrights © 2023