Kemampuan intuisi memiliki peranan penting dalam menyelesaikan masalah matematis. Oleh karena itu, dengan menerapkan model pembelajaran Snow Cube Throwing Berbasis Eksplorasi (SCTBE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan intuisi matematis dengan menerapkan model pembelajaran SCTBE serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan intuisi matematis siswa dengan model pembelajaran SCTBE lebih baik daripada kelas dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent pretest and posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Terpadu Bandung dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Intrumen yang dugunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal uraian untuk mengetahui peningkatan kemampuan intuisi matematis siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian menggunakan software SPSS 23 bahwa 1) Terdapat peningkatan kemampuan intuisi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran SCTBE. 2) peningkatan kemamapuan intuisi matematis siswa dengan model pembelajaran SCTBE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2022