Penelitian ini memiliki tujuan menguji mutu layanan berbasis Servqual pada obyek wisata bahari desa wiasata Jatimalang di Kabupaten Purworejo. Riset dilaksanakan melalui uji kuantitatif mengukur harapan dan persepsi mutu layanan berbasis lima dimensi secara purposive sampling. Uji Kuantitatif terhadap responden meliputi uji deskripsi responden, uji validitas dan reliabilitas serta uji kesenjangan Servqual. Teknik sampling dlakukan secara purposive sampling terhadap 108 wisatawan. Kebaruan riset ini melakukan aplikasi model Servqual di lokasi desa wisata pantai pesisir selatan pulau Jawa yang relatif masih asli memiliki kekhasan budaya pedesaan di Provinsi Jawa Tengah. Hasil riset menghasilkan temuan semua dimensi dalam Servqual meliputi bukti fisik, reliabilitas, jaminan, daya tanggap dan empati kesemuanya memiliki nilai kesenjangan dengan nilai rata-rata -87,27 poin, berarti belum memuaskan wisatawan. Dimensi tangibles dari uji kuantitatif memiliki nilai kesenjangan terbesar senilai – 145.50 poin sehingga harus menjadi prioritas Desa wisata bahari Jatimalang dalam memperbaiki mutu layanan
Copyrights © 2024