Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi (JASMIEN)
Vol. 5 No. 01 (2024): Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi (Jasmien) : September-November

Pengaruh Perilaku Konsumen, Tata Letak (Layout), Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Mr.DIY Koto Baru

Yholanda, Silvira (Unknown)
Purwanto, Kelik (Unknown)
Gusteti, Yesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Pada era globalisasi banyak tersedia pasar modern yang mudah ditemukan di sekitar seperti mini market, dan juga termasuk MR.DIY. Tujuan masyarakat mengunjungi pasar modern seperti MR.DIY karena biaya yang murah, produk yang bagus, canggih dan tempat yang nyaman. Permintaan masyarakat modern yang bukan hanya mencari sebuah barang dengan satu fungsi saja, namun mencari barang yang multifungsi (memiliki lebih dari satu manfaat). Penelitian Inidilakukan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkanoleh perilaku konsumen, tata letak (layout), promosi terhadap keputusan pembelian. Metode analisis dalampenelitian ini adalah menggunakan metode kauntitatifdengan pengambilan data menggunakan kuisoner.Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitusebanyak 358 responden yang merupakan pengunjung atau pembeli di Mr.DIY Koto Baru. Berdasarkan uji T menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen, tata letak (layout), dan promosi berpengaruh positif dan signifikan, terhadap keputusan pembelian. Dan berdasarkan hasil uji F didapat hasil yang menunjukkan bahwa secara bersama-sama antara variabel perilaku konsumen, tata letak (layout)dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian. Berdasarkan uji koefisien determinan(R2) menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen, tataletak (layout) , promosi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 68% yang artinya memiiki hubungan yang kuat sedangkan 32% dipengaruhi faktor lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini. Bagi perusahaanbahwa konsumen berbelanja di Mr.DIY karena sesuai dengan keinginannya misalnya dengan suka membeli produk Mr.DIY unik dan kualitas nya bagus dibandingkan dengan yang lain dan konsumen merasa bangga memakai produk yang ada di Mr.DIY dan dapat dilihat dengankuliatas produknya yang bagus. Dan samakin baik tata letak(layout) dalam sebuah toko maka akan berdampak baik dan semakin tinggi tingkat keputusan pembelian di Mr.DIY KotoBaru. Serta semakin giat melakukan promosi baik dimedia sosial maupaun promosi secara lansung juga dapatmengingkat tingkat keputusan pembelian di Mr.DIY Koto Baru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jasmien

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope Journal Accounting, Management And Economics(JASMIEN) on Cattleya Darmaya Fortuna is accepts related writings: Akuntansi Manajemen Ilmu Ekonomi Journal Accounting, Management And Economics (JASMIEN) also accepts all writings in various disciplines in accordance with the above ...