Opini publik adalah elemen penting dalam kehidupan demokrasi, yang mencerminkan pandangan, sikap, dan keyakinan masyarakat terhadap isu-isu sosial, politik, Sebagai salah satu saluran utama penyebaran informasi, media massa mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk dan mempengaruhi opini masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui analisis framing konten Garuda TV. Garuda TV, sebagai salah satu media massa, dapat memanfaatkan hegemoni untuk memengaruhi pandangan publik, baik melalui tayangan maupun cara penyajian informasi, yang kemudian dipengaruhi oleh interaksi di media sosialAnalisis terhadap "Hegemoni Garuda TV: Pembentukan Opini Publik", dilatar belakangi oleh faktor sosial-ekonomi dan budaya yang berdampak pada bagaimana orang memandang representasi media, serta keadaan sosial dan politik individu memengaruhi cara orang menerima dan mencerna informasi media. Meskipun media massa menyediakan wadah pertukaran informasi dan pengembangan opini, media massa juga menghadirkan masalah dengan penyebaran informasi yang menyesatkan.
Copyrights © 2024