Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024)

Development of Android-Based Learning Media Using iSpring Suite to Improve Arabic Vocabulary Mastery Among Students: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan iSpring Suite untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa

Ibnu Rawandhy N. Hula (Unknown)
Loni, Jabbar (Unknown)
Suharia Sarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Purpose – This research aims to develop an Android-based Arabic learning media using iSpring Suite to enhance the Arabic vocabulary mastery of 5th-grade students at MI Terpadu Al Ishlah, Gorontalo. Design/methods/approach – The research applied the 4D Thiagarajan model for Research and Development, involving stages of definition, design, development, and dissemination. Data were collected using expert validation, questionnaires and pre-test-post-test results. Findings – The expert validation scores from language, material, and media experts were 84%, 96%, and 82% respectively, indicating the "Very Feasible" category. The overall validation from the three experts reached 86%, confirming the media as "Very Feasible." Descriptive analysis showed an increase in students' vocabulary mastery, with the pre-test average score of 28.27 rising to 39.86 in the post-test, highlighting a significant improvement. Research implications/limitations – Despite its success, the study's limitations include a narrow focus on vocabulary without broader language skills. Originality/value – This research provides an innovative approach to integrating mobile learning into Arabic language education, particularly through interactive digital tools like iSpring Suite, offering valuable insights for future development in educational media. Abstrak Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis Android menggunakan iSpring Suite untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V di MI Terpadu Al Ishlah, Gorontalo. Desain/metode/pendekatan – Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan untuk Penelitian dan Pengembangan (R&D), yang mencakup tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket, serta hasil pre-test dan post-test. Temuan – Skor validasi ahli dari ahli bahasa, materi, dan media masing-masing adalah 84%, 96%, dan 82%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Validasi keseluruhan dari ketiga ahli mencapai 86%, mengonfirmasi media pembelajaran ini sebagai "Sangat Layak". Analisis deskriptif menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata siswa, dengan skor rata-rata pre-test 28,27 meningkat menjadi 39,86 pada post-test, yang menyoroti peningkatan yang signifikan. Implikasi/batasan penelitian – Meskipun berhasil, penelitian ini memiliki keterbatasan berupa fokus yang sempit pada penguasaan kosakata tanpa mencakup keterampilan bahasa yang lebih luas. Keaslian/nilai – Penelitian ini memberikan pendekatan inovatif dalam mengintegrasikan pembelajaran mobile ke dalam pendidikan bahasa Arab, khususnya melalui alat digital interaktif seperti iSpring Suite, serta menawarkan wawasan berharga untuk pengembangan media pendidikan di masa depan.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edulab

Publisher

Subject

Education

Description

Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan e-ISSN: 2527-7200 adalah majalah berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Pranata Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Majalah Ilmiah Edu Lab terbit setiap bulan Juni dan Desember setiap tahun. Majalah Ilmiah Edu ...