Latar Belakang Bullying merupakan perilaku kasar atau agresif terhadap korban oleh pelaku dengan maksud menyebabkan kerugian psikologis, emosional atau fisik sebagai akibat dari ketidakseimbangan kekuatan. Kurangnya pengetahuan menjadi salah satu penyebab bullying. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang bullying terhadap pengetahuan dan sikap pada remaja sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. metode kuantitatif dengan jenis pre-experimental dengan desain one group pretest - posttest design. populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 68 siswa/I kelas X di SMK Siere Cendekia Kabupaten Tangerang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Puposive Samplingdengan jumlah sampel 58 orang. Hasil penelitian Hasil penelitian ini menunjukan hasil dari uji wilcoxon bahwa peneliti melakukan uji normalitas hasilnya data berdistribusi normal. Karena pada hasil uji wilcoxon p value = 0.0000 (<0.005) maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang bullying dengan metode ceramah terhadap pengetahuan dan sikap pada remaja kelas X di Smk Siere Cendekia.
Copyrights © 2024