Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 9, No 2 (2024): JENDELA PLS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI PAUD PLAMBOYAN 3 KARAWANG

Pangesti, Aulia Tri (Unknown)
Syahid, Ahmad (Unknown)
Dewi, Ratna Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran pada pendidikan anak usia dini sebaiknya diusahakan oleh guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yang berpusat pada anak sehingga anak dapat mencurahkan perhatiannya secara penuh dan aktif terhadap apa yang ia pelajari, karena pada hakikatnya pendidikan anak usia dini menyajikan konsep belajar sambil bermain, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Beyond center and circle time (BCCT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran BCCT serta faktor pendukung dan pengahambat dalam penerapan model pembelajaran BCCT di PAUD Plamboyan 3 Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah dua orang guru di kelas Al-jazari pada kelompok usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) yang dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dilaksanakan sesuai dengan 4 jenis pijakan (scaffolding) yang terdapat pada teori pelaksanaan BCCT diantaranya: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main dan pijakan setelah main dengan menggunakan 8 tema yang berbeda. Serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran BCCT di PAUD Plamboyan 3 Karawang terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...