Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan inovasi model pembelajaran matematika yang berkarakter melalui pelatihan untuk para guru di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Dengan mengadaptasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), program ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pengajaran matematika, sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Melalui kegiatan pelatihan dan bimbingan intensif, yang dilaksanakan pada 11- 12 Mei 2024 di SMP Negeri 2 Majene, para guru diharapkan mampu mengimplementasikan model pembelajaran yang lebih interaktif dan berorientasi pada pengembangan karakter siswa. Kegiatan ini diadakan untuk menjawab permasalahan kurangnya keterampilan dan pengetahuan guru dalam menerapkan pendekatan yang mengaitkan konsep matematika dengan konteks kehidupan nyata siswa, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika. Program ini melibatkan 15 guru peserta, dengan hasil yang diharapkan berupa peningkatan kompetensi dan keterampilan guru serta keberlanjutan penerapan model pembelajaran yang lebih efektif di sekolah.
Copyrights © 2024