Tujuan dari.penelitian ini.yaitu untuk mengetahui penerapan Strategi. Pembelajaran Berbasis Masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Peserta Didik Kelas IV. SDI. Onekore 4 Kabupaten Ende. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik. Kelas IV. di SDI. Onekore 4 yang berjumlah 19 orang. Adapun Data dalam penelitian Ini diperoleh dengan menggunakan tes.,observasi dan dokumentasi. Hasil .penelitian .ini .menunjukkan terjadinya peningkatan. hasil. Belajar IPS siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis masalah. Hal ini. tampak pada peningkatan presentasi. hasil belajar klasikal pada kondisi pra siklus 21,05%, siklus I naik menjadi. 42,10% dan pada siklus. II. naik menjadi. 100%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternative dalam pemilihan strategi pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018