Jurnal Riset Ekonomi Syariah
Volume 4, No. 2, Desember 2024 Jurnal Riset Ekonomi Syariah (JRES)

Analisis SWOT terhadap Baitulmaal Muamalat (BMM) Jabar

Nurrachmi, Intan (Unknown)
Trie, Cheira Baby (Unknown)
Taufik, Muhammad (Unknown)
Azzahra, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Abstrak. Pada masa Rasulullah SAW, di Baitul Maal belum ada tempat untuk  menyimpan harta kekayaan yang diperoleh negara, karena pada saat itu harta kekayaan yang diperoleh tidak banyak dan harta kekayaan tersebut juga rencananya akan segera dibagikan kepada masyarakat. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah donatur dan nominal dana yang dihimpun  adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan menarik. Strategi pemasaran merupakan ciri reputasi lembaga keuangan. Semakin banyak pelanggan yang diperoleh, semakin banyak produk yang akan disalurkan melalui  lembaga  keuangan.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mengidentifikasikan faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi keberhasilan strategi pemasaran pada setiap produk yang dilakukan oleh Baitul Maal Muammalat dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) dalam menghimpun dan mengelola dana yang terkumpul dari para muzzaki yang nantinya akan didistribusikan untuk setiap program kerja yang ada di Baitul Maal Muammalat. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan dua metode pengumpulan data, yaitu studi literatur dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang telah dilakukan adalah dengan dimilikinya banyak kekuatan dan juga kesempatan BMM Jabar dapat memaksimalkan penghimpunan dana baik melalui jaringan nasabah pada Bank Muamalat, pendekatan secara individu maupun bekerja sama dengan perusahaan lain untuk dapat menyalurkan zakat karyawannya pada BMM Jabar. Abstract. During the time of Rasulullah SAW, there was no place in Baitul Maal to store the wealth obtained by the state, because at that time the wealth obtained was not much and the wealth was planned to be immediately distributed to the community. One way to increase the number of donors and the nominal funds collected is to implement appropriate and attractive marketing strategies. Marketing strategy is a characteristic of a financial institution's reputation. The more customers you acquire, the more products will be distributed through financial institutions. The purpose of this research is to analyze and identify internal and external factors that influence the success of the marketing strategy for each product carried out by Baitul Maal Muammalat by using SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) analysis in collecting and managing funds collected from muzzaki who Later it will be distributed to every work program in Baitul Maal Muammalat. Researchers used descriptive qualitative methods with two data collection methods, namely literature studies and interviews. Based on the results of the SWOT analysis that has been carried out, it is clear that BMM Jabar has many strengths and opportunities to maximize fund collection either through customer networks at Bank Muamalat, individual approaches or in collaboration with other companies to be able to distribute its employees' zakat to BMM Jabar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRES

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Riset Ekonomi Syariah publishes academic research articles on theoretical and applied studies and focuses on Islamic economics with the scope of Islamic Banking, Islamic Finance, Accounting, and Muamalah. This journal is published by UNISBA Press. Articles submitted to this journal will be ...