Toko Omart merupakan perusahaan yang bergerak dibidang ritel atau penjualan. Permasalahan yang ada pada Toko Omart saat ini yaitu proses pembayaran ditempat atau Cash On Delivery (COD), kemudian pemesanan barang tertinggi menggunakan aplikasi WhatsApp menyebabkan admin kewalahan, serta kurangnya informasi persediaan barang yang ditampilkan untuk pihak customer menyebabkan masalah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat membantu admin dalam proses pelayanan customer dan juga membantu pelanggan melihat stok barang secara real-time serta melakukan transaksi pembayaran secara online. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dengan pengembangan sistem menggunakan database MySQL serta bahasa Pemrogramaan PHP, kemudian akan dimasukan data yang berupa nama barang, jumlah barang serta harga barang, pengujian penelitian ini ialah metode BlackBox dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya suatu sistem yang dapat membantu transaksi penjualan, pemberian umpan balik, pembayaran, melihat ketersediaan barang, promo barang, mengelola pengguna dan melihat history pembelanjaaan. Kemudian dari hasil pengujian kuisioner yang diberikan kepada customer sebanyak 20 orang didapatkan hasil 94% dimana berada pada tingkat setuju terhadap pernyataan dan fitur serta tujuan pembuatan sistem
Copyrights © 2024