Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi pengalaman pengajar dalam mengintegrasikan aplikasi Mondly Arabic dalam pengajaran bahasa Arab serta meningkatkan kompetensi pengajar di Institut Agama Islam Mifathul Ulum Pamekasan. Artikel ini berargumen bahwa pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai, efektif, dan menarik dalam pengajaran bahasa Arab masih sangat terbatas dan kurang. Pengajar bahasa Arab sering mengandalkan buku sebagai media utama, dengan metode konvensional yang dapat dianggap kurang efisien dan kurang menarik bagi siswa serta pengajar. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatan. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan pengajar bahasa Arab, observasi langsung di kelas, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Mondly Arabic membawa perubahan signifikan dalam pengajaran. Aplikasi ini membantu dalam pemilihan materi, meningkatkan efisiensi pengajaran, dan memperbesar motivasi siswa. Selain itu, aplikasi ini menyediakan materi komprehensif, latihan interaktif, dan kemampuan pemantauan kemajuan siswa. Namun, perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini memerlukan koneksi internet yang stabil dan beberapa konten berbayar. Secara keseluruhan, penggunaan Mondly Arabic telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kompetensi pengajar bahasa Arab dan kualitas pengajaran di Institut Agama Islam Mifathul Ulum Pamekasan. Aplikasi ini menjadi solusi efektif untuk tantangan dalam pendidikan bahasa Arab, memberikan alat untuk pengajaran yang lebih menarik dan efisien. Di era teknologi modern, aplikasi semacam ini menjadi sumber daya berharga dalam pengembangan kurikulum dan pengajaran bahasa Arab di lembaga serupa
Copyrights © 2023