Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan model pembelajaran quantum learning di Pondok Tahfidzul Qur’an Tarbiyyatul Ummah Sukoharjo, (2) mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan model pembelajaran quantum learning di Kuttab Al Faruq Sukoharjo, (3) mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan penggunaan model pembelajaran quantum learning di Pondok Tahfidzul Qur’an Tarbiyyatul Ummah dan Kuttab Al Faruq Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Tahfidzul Qur’an Tarbiyyatul Ummah Sukoharjo menggunakan model quantum learning. Pembelajaran di lembaga tersebut melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan; (a) merumuskan tujuan pembelajaran, (b) menentukan materi bahan ajar, (c) menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. Tahap pelaksanaan; (a) kegiatan pembuka, (b) inti, (c) penutup. Dan tahap penilaian; (a) penilaian harian, (b) penilaian tengah semester, (c) penilaian akhir semester. (2) Pembelajaran bahasa Arab di Kuttab Al Faruq Sukoharjo menggunakan buku quantum learning. Pembelajaran di lembaga tersebut melalui tiga tahapan, yaitu; tahap perencanaan; (a) merumuskan tujuan pembelajaran, (b) menentukan materi bahan ajar, (c) menentukan buku ajar yang akan digunakan dalam menunjang pembelajaran. Tahap pelaksanaan; (a) kegiatan pembuka, (b) inti, (c) Penutup. Dan tahap penilaian; (a) penilaian harian, (b) penilaian akhir semester. (3) penggunaan model quantum learning pada kedua lembaga tersebut memiliki beberapa perbedaan, diantaranya: proses perencanaan pembelajaran dalam menentukan metode pembelajaran dan buku ajar. juga pada proses penilaian pembelajaran. Akan tetapi, penyajian dan penyampaian materi bahasa Arab pada kedua lembaga tersebut merupakan contoh dari penggunaan model pembelajaran quantum learning.
Copyrights © 2024