Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 3 No. 03 (2024)

ANALISIS EFEKTIVITAS METODE PENERJEMAHAN HARFIAH TERHADAP PEMAHAMAN TEKS ARAB

Wulandari, Sekar (Unknown)
Jannah, Raudhatul (Unknown)
Lubis, Isnaini Anggina (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penerapan pembelajaran bahasa Arab di sekolah menjadi salah satu jalan untuk semakin mengenal Islam, karena ilmu terkait Islam dapat ditemukan dalam kitab-kitab terdahulu yang seluruhnya berbahasa Arab. Namun, siswa sering menghadapi tantangan saat belajar bahasa Arab, terutama dalam memahami teks-teks berbahasa Arab yang rumit yakni kurangnya pemahaman siswa dalam memahami teks terjemahan berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait efektivitas metode penerjemahan harfiah yang selama ini diterapkan dalam menerjemahkan terhadap pemahaman teks berbahasa Arab yang dalam penelitian ini adalah hiwar atau percakapan bagi siswa kelas VII-1 MTs Al-Ittihadiyah Mamiyai. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan) terhadap 10 orang responden dan studi pustaka (library research) terhadap jurnal dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dengan metode penerjemahan harfiah, siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami makna teks-teks Arab yang mereka terjemahkan karena siswa hanya memahami terjemahan dalam konteks kata per kata. Metode ini kurang efektif bila digunakan pada cakupan teks atau kalimat yang lebih luas, namun cukup efektif bila digunakan untuk tahap awal pembelajaran. Dengan penerjemahan harfiah, siswa mampu menerjemahkan teks secara kata perkata, namun belum mampu memahami maksud dan tujuan dari teks atau kalimat tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...