Sistem Pendukung Keputusan (SPK) promosi jabatan pada PT BPR Syariah Al-Falah bertujuan untuk membantu pengambilan keputusan yang objektif dan efisien dalam menentukan calon karyawan yang tepat untuk menduduki jabatan tertentu. Proses dalam menentukan jabatan yang tepat pada karyawan membutuhkan beberapa pengamatan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pengamatan tersebut memiliki tujuan untuk menentukan kelayakan karyawan dalam menerima jabatan tersebut. PT BPR Syariah Al-Falah sebagai lembaga keuangan syariah, membutuhkan sistem yang dapat mendukung kebijakan promosi jabatan dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti tingkat pendidikan, kompentensi, tekaanan waktu, absensi, dan tanggung jawab pekerjaan. Agar pengembangan sistem memenuhi harapan, diperlukan kerangka kerja yang memastikan proses pengerjaan berjalan dengan baik. Rational Unified Process (RUP) adalah kerangka kerja untuk pengembangan perangkat lunak yang dirancang untuk memastikan kualitas dan efisiensi dalam proses pengembangan. Pengembangan sistem diharapkan mampu membantu HRD dalam melakukan proses promosi jabatan bagi karyawan. Oleh karena itu diusulkan untuk pengembangan sistem pendukung keputusan (SPK) dengan menggunakan metode Fuzzy AHP yang merupakan pengembangan dari metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan metode ini, hasil keputusan promosi jabatan akan lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, mengurangi subjektivitas dan potensi kesalahan dalam proses seleksi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi SPK berbasis website yang dapat digunakan oleh manajemen PT BPR Syariah Al-Falah dalam mengambil keputusan promosi jabatan secara lebih efektif dan tepat sasaran, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Promosi Jabatan, RUP, Fuzzy AHP, Website
Copyrights © 2024