Rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Sumatera Utara (RSGM-USU).Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik in-depth interview (wawancara mendalam). Sumber data diperoleh secara langsung (data primer) dan tidak langsung (data sekunder). Informan sebanyak 10 orang yang terbagi menjadi informan utama dan informan pendukung. Analisis data dengan melakukan pengecekan hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data yang berbeda yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian berdasarkan wawancara terhadap responden diketahui strategi pemasaran yang dilakukan hanya sebatas penyuluhan-penyuluhan di sekolah dan instansi lainnya serta mengikuti event-event yang dilaksanakan pihak ketiga, jenis layanan yang ditawarkan sudah lengkap didukung sarana dan prasarana lengkap, tarif layanan mampu bersaing dengan rumah sakit lain, lokasi mudah dijangkau dengan transportasi umum, promosi yang dilakukan masih belum maksimal, mengikut sertakan para staf dalam berbagai jenis pelatihan, menyiapkan admission dan papan penunjuk arah, alat-alat yang digunakan sudah modern serta selain keterbatasan sumber daya manusia juga terkendala pada dana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024