Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Bagaimana konsep kasih sayang menurut QS. Luqman ayat 16-17. 2) Mengapa kasih sayang seorang pendididik sangat penting terhadap peserta didik. 3) Bagaimana konsep kasih dalam Al-Qur’an dan relevansinya terhadap pembelajaran PAI di SMPN 4 Kota Tangerang, Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yakni hanya mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena-fenomena yang terjadi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Konsep kasih sayang yang dilakukan Luqman Al-Hakim terhadap anaknya agar anaknya membentuk manusia yang beriman, Islam, dan berakhlaq. Konsep kasih sayang Luqman terhadap anaknya inilah yang dapat menjadi contoh bagi pendidik untuk melakukannya dikehidupa sekolah terhadap peserta didik. 2) Kasih sayang pendidik sangat penting, karena berdampak terhadap hasil pembelajaran yang diciptakan. Pembelajaran efektif tidak mampu diciptakan adanya kasih sayang dari seorang pendidik terhadap peserta didik. 3) Konsep kasih sayang dalam Al-Qur’an dan relevansinya terhadap pembelajaran PAI diantaranya: pendidik yang meggunakan kasih sayang dalam pembelajaran ataupun diluar pembelajaran akan menumbuhkan sebuah kedekatan atau hubungan baik, kasih sayang pendidik terhadap peserta didik sangat berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar, kasih sayang dapat memperbaiki aspek sosial dan aspek emosional peserta didik.
Copyrights © 2024