Masalah yang diangkat dalam penelitian ini mengenai pembinaan kemampuan menulis teks naratif singkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan memaknai secara mendalam terkait model sinektik yang berorientasi pada pembelajaran menulis teks cerita pendek inspiratif melalui pengalaman. Metode yang digunakan untuk mendapatkan dan memproses data penelitian yaitu kajian pustaka dari buku cetak, buku elektronik, dan jurnal. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman terkait: rasional; tujuan; prinsip; tahapan; dan dampak dari model sinektik berorientasi pengalaman dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek inspiratif. Simpulan dari penelitian ini, yaitu: model sinektik berorientasi pengalaman dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek inspiratif bisa dimanfaatkan sebagai instrumen yang efektif pada lingkup pembelajaran bermakna melalui proses edukasi secara terstruktur, sehingga peserta didik mampu menghasilkan cerita pendek inspiratif melalui pengalaman yang dapat membangkitkan motivasi pribadi dan khalayak penikmat, serta berpotensi menjadi mahakarya terintegrasi jika dilibatkan dalam ajang cipta cerita pendek Nasional dengan karya terpublikasi.
Copyrights © 2025