EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 1 No. 2 (2021)

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MELALUI SUPERVISI KELAS PEMBINAAN TERPROGRAM PENGAWAS SEKOLAH DI SMP NEGERI 5 TANJUNG MORAWA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

CIREM RASITA TARIGAN (Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Sejauh mana kemampuan Pengawas Sekolah membina guru-guru SMP Negeri 5 Tanjung Morawa untuk menerapkan Model pembelajaran Jigsaw dalam praktek mengajar sehari-hari? 2) Apakah pengawas Sekolah mampu membina guru-guru menerapkan langkah-langkah Model Pembelajaran Jigsaw di SMP Negeri 5 Tanjung Morawa? Penelitian dilakukan berdasarkan Model Tindakan Sekolah yang dilaksanakan melalui tiga siklus dengan prosedur: (1). Planning/Perencanaan; (2). Acting/Tindakan; (3). Observing/Pengamatan; (4). Reflekting/Refleksi; Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif. Aspek-aspek kelemahan tindakan pada setiap siklus akan direfleksikan sebagai bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Setelah penelitian Tindakan dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa kemampuan pengawas sekolah membina guru-guru melalui Supervisi Kelas mengalami perbaikan secara signifikan, terbukti dari hasil penelitian bahwa: pada siklus I nilai rata-rata guru = 57,40% kategori C dan di siklus II nilai rata-rataguru = 86,40% kategori A..dilihat berdasarkan komponen hasil observasi antar sikulus telah terjadi peningkatan persentase sebesar 29 %. Karena itu dapat disimpulkan bahwa 1). Kemampuan guru-guru untuk menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw dalam praktek mengajar sehari-hari mengalami peningkatan secara signifikan. 2). Tingkat penguasaan guru-guru terhadap langkah-langkah penerapan Model Pembelajaran Jigsaw di SMP Negeri 5 Tanjung Morawa semakin baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...