EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 1 No. 3 (2021)

PERSEPSI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN MADRASAH BINAAN KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

NUR SA'IDU (Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskrpsikan persepsi tingkat kepuasan masyarakat pengguna jasa pendidikan terhadap kulaitas layanan Pendidikan serta dimensi-dimensi yang yang berpengaruh terhadap kepuasan orang tua siswa di Madrasah binaan kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Pengukuran terhadap kualitas Pendidikan menggunakan SERVQUAL yang meliputi dimensi Tangible, Reliability, Responsevenes, Assurance, Empathy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptip dengan teknik survey secara Daring (dalam jaringan/online). Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post de Facto yaitu tidak perlu memberikan perlakuan lagi terhadap variabel bebas tapi tinggal melihat efeknya pada varibel terikat, dengan menggunakan pendekatan historis ,penelitian korelasional, dan penelitian kausal dengan korelasi. Teknik pengambilan sample menggunakan stratified sampling random berdasarkan jumlah orang tua siswa pada madrasah binaan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah Angket dengan bentuk pilihan yang menggunakan skala linkert 5 alternatif jawaban dan sebagai data pembanding menggunakan wawancara dengan komite dan guru kelas 6, kepala madrasah. Hasil yang dtemukan dalam penelitian ini tentang persepsi masyarakat terhadap madrasah binaan adalah sebagai berikut : dimensi Tangible 69,47 %, Reliability 75,67%., Responsevenes 70,32%., Assurance 72,48%, Empahty 76,37%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...