EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2022)

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TRANSFORMASI

IIN AULIA (Madrasah Tsanawiyah Negeri 19 Jakarta Selatan)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

This study aims to improve transformation learning outcomes through the use of guided discovery-based Student Worksheets (LKPD). The subjects of this study were 35 students of class IX at MTsN 19 South Jakarta in the academic year 2021/2022. The Classroom Action Research (CAR) model used is the Kemmis McTaggart model. In this model, one cycle consists of 4 activities, namely planning, acting, observing and reflecting. This research will be carried out in 2 cycles. The research data was obtained through observation, questionnaires, and learning outcomes tests. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. Based on the analysis of research data, the results of cycle 1 showed that there was an increase in the learning achievement of students with an average score of 79, the highest score was 95 and the lowest score was 70, and learning completeness was 97.14%. And the results of cycle 2 there is an increase in the average value of students to 80, the highest score is 90 and the lowest value is 70 and learning completeness is 97.14%. From these results, it can be seen that the learning outcomes of students' transformation can be improved by using Guided Discovery-based LKPD. So from this PTK it can be concluded that the use of guided discovery-based worksheets can improve the learning outcomes of transformation of class IX students at MTsN 19 South Jakarta. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar transformasi melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis penemuan terbimbing. Subjek penelitian ini adalah peseta didik kelas IX di MTsN 19 Jakarta Selatan pada tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 35 orang. Model penelitian tindakan Kelas (PTK) yang digunakan adalah model Kemmis McTaggart. Pada model tersebut satu siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan hasil siklus 1 terdapat peningkatan pencapaian belajar peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata 79, nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70 serta ketuntasan belajar sebesar 97,14 %. Dan hasil siklus 2 terdapat kenaikan nilai rata-rata peserta didik menjadi 80, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70 serta ketuntasan belajar sebesar 97,14 %. Dari hasil tersebut terlihat bahwa hasil belajar transformasi peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan LKPD berbasis Penemuan Terbimbing. Sehingga dari PTK ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar transformasi peserta didik kelas IX di MTsN 19 Jakarta Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...